Selasa, 06 Desember 2011

Seminar Computing Cup 2011 IT Telkom

A. Peranan dan Peluang Ilmu Komputasi dalam Era Konvergensi

Semakin sini perkembangan zaman berkembang begitu pesat. Apalagi dibidang teknologi dan informasi. Tentunya perkembangan tersebut berubah atau bertambah ke hal yang lebih baik, misalkan dengan perkembangan teknologi baru dapat memudahkan, membantu, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia. Manusia itu sendiri sering didapatkan masalah-masalah, dari mulai yang tidak rumit sampai yang rumit, dan masalah tersebut harus kita selesaikan. Nah dalam hal itu komputasi dapat membantunya.

Komputasi sendiri bisa diartikan sebagai cara untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan algoritma. Komputasi juga bisa disebut gabungan dari ilmu komputer, matematika, pemodelan, dan simulasi. Secara umum, Ilmu Komputasi merupakan ilmu yang mempunyai peranan dalam penyusunan model matematika serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah terutama ilmu sains.

Ilmu komputasi dapat berkontribusi terhadap negara. Karena Ilmu komputasi dapat berperan dibidang pertelekomunikasian, peramalan harga saham, desain sistem pada industri manufaktur, desain sistem pada perusahaan pertambangan, dibidang kesehatan, sosial dan lainnya.

Contoh karya yang diciptakan melalui ilmu komputasi:
1.Software Prototype for Distributive Traffic Control System, yang dapat mengontrol kemacetan-kemacetan lalu lintas.
2. Prototype System pendeteksian dini penyakit jantung berdasarkan sinyal EKG menggunakan algoritma Fuzzy Learning Vector Quantization.
Dan masih banyak lagi.

Nah dari situ dapat disimpulkan bahwa ilmu komputasi sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi kita dan khususnya bagi negara besar.



B. TELKOMSEL Cloud Computing

Cloud Computing merupakan salah satu pemanfaatan teknologi komputasi dan pengembangan berbasis internet.

Sudah disebutkan di atas bahwa perkembangan teknologi begitu pesat. Dan teknologi pun akan merubah segalanya. Dengan cloud computing kita dapat bekerja, kuliah, sekolah atau apa pun itu tanpa di tempatnya. Misalkan kita dapat bekerja dengan melakukan tugasnya di mana saja tanpa harus di kantor. Mungkin suatu saat nanti jarak lokasi kerja akan menyempit bahkan menghilang.

Tentunya dengan menerapkan sistem ini, sangat berguna untuk berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar